Pada bangunan rumah tinggal sederhana (1 lantai) umumnya menggunakan pondasi batu kali atau pondasi setempat sebagai sistem pondasinya. Bentuk / ukuran dari pondasi tersebut biasanya tidak terlalu besar mengingat beban untuk rumah sederhana tidak sebesar dibandingkan bangunan bertingkat 2 atau lebih.

Pondasi umpak dipakai untuk bangunan sederhana yang umumnya di buat dari rangka kayu dengan dinding dari papan atau anyaman dari bambu.

Pondasi Umpak dipasang dibawah setiap tiang -tiang penyangga. Tiang - tiang ini satu dan yang lainya saling di hubungkan dengan balok-balok kayu yang dipasang dibagian bawah tiang yang juga untuk menumpupapan - papan lantainya, dan bagian atas tiang yang menyatu dengan rangka atapnya. Untuk Memelihara keawetan kayu - kayunya, pondasi umpak dibuat buat sampai keluar dari permukaan tanah setinggi kurang lebih 1,00 m.

Pondasi umpak umumnya dibuat seperti berikut:               

               1. Pasangan bata yamg disusun bertangga

               2. Pasangan batu kali

3. Cor beton

4. Batu alam yang dibentuk menjadi umpak

Wujud pondasi titik ini dapat berupa umpak, foot-plate atau tiang pancang pada pondasi alam,yang semuanya berhubungan langsung dengan kolom utama. Posisi tumpuan dapat diperlebar dengan plat kaki atau disebut dengan foot plate, Jika pondasi digunakan dalam jumlah yang banyak.